Jenis Pembiayaan Modal Ventura

 

Modal ventura termasuk jenis jasa pembiayaan yang terhitung baru di Indonesia, nmaun penggunanya sudah banyak dan jenis modal tersebut sudah diatur dalam undang-undang dan berbagai regulasi yang dikeluarkan oleh negara. Jadi, modal ventura dapat dikatakan cukup aman bagi perusahaan yang membutuhkan dana tambahan. Cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan investor-investor dan menjadikan dalam satu wadah, kemudian uang tersebut diinvestasikan ke dalam perusahaan-perusahaan yang berpotensi akan naik nilainya di kemudian hari. Dengan begitu, perusahaan kecil atau perusahaan yang hampir kolaps karena tidak mendapatkan pinjaman resmi dari bank disebabkan syarat-syarat yang tidak terpenuhi dapat tertolong.

Baca Juga : Sekilas Tentang Modal Ventura

Pembiayaan ini memiliki beberapa jenis dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jenis-jenis modal yang ada akan membantu berjalannya perusahaan, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut jenis-jenis modal ventura:

Berdasarkan caranya, modal ventura terbagi menjadi:

Equity Financing, pembiayaan langsung. Pemodal mengambil bagian dari sejumlah saham milik perusahaan pasangan usaha.

Semi Equity Financial, pembiayaan melalui pembelian obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan pasangan usaha.

Perusahaan Baru, perusahaan modal ventura mendirikan perusahaan baru bersama dengan perusahaan pasangan usaha.

Bagi Hasil, biasanya pembiayaan diberikan kepada usaha kecil yang belum memiliki badan hukum PT (Perseroan Terbatas). Namun, perusahaan yang sudah memiliki badan hukum PT juga bisa mendapatkannya dengan kesepakatan di antara kedua belah pihak.

Single Tier Approach pemodal mengumpulkan dana dan mengelola dana yang diinvestasikan dalam bentuk penyertaan modal pada perusahaan pasangan usaha.

Two Tier Approach melibatkan dua badan usaha terpisah, yaitu fund company atau penyedia dana dan management company atau pengelola.

Ada pula cara penghimpunan modal yang menjadikan jenis modal ventura menjadi:

Leverage Ventura Capital modal ventura yang bersumber dari satu perusahaan modal, penghimpunan dananya dalam bentuk pinjaman dari berbagai macam pihak.

Equity Ventura Capital modal ventura yang penghimpunan dananya dalam bentuk modal sendiri dalam berbagai bentuk.

Jika dilihat dari dasar kepemilikan, ada pula jenis-jenis modal ventura sebagai berikut:

Private, perusahaan pemodal belum menjual sahamnya ke bursa efek atau belum go public.

Public, perusahaan pemodal sudah menjual sahamnya ke bursa efek.

Bank Affoliate, perusahaan yang terdiri dari bank-bank yang memiliki keuntungan lebih atau memiliki misi tertentu dalam pembiayaan.

Conglomerate, perusahaan pemodal yang terdiri dari beberapa perusahaan.

Jenis-jenis pembiayaan oleh perusahaan modal ventura di atas dapat menjadi penolong bagi perusahaan-perusahan kecil ataupun perusahaan rintisan (startup) yang sedang marak saat ini. Pemilik perusahaan biasanya melihat dulu potensi perusahaan yang kira-kira akan menjadi besar di kemudian hari. Persaingan dalam mendapatkan modal ventura menjadi cukup ketat mengingat banyaknya perusahaan baru yang bermunculan dan membutuhkan bantuan gelontoran modal.

Baca Juga : East Ventures, Vitamin atau Pain Killer ?