Inilah yang Harus Dipikirkan Sebelum Kredit Mobil Bekas

 

kredit mobil bekas : Memiliki mobil untuk beberapa orang barangkali bukan lagi sebuah hal sulit. Bagi Anda yang memiliki kondisi finansial pas-pasan pun sekarang tak perlu khawatir sebab setiap sales kendaaran menawarkan opsi kredit dalam jangka tertentu yang dapat Anda sesuaikan dengan budget. Kredit mobil bekas yang ditawarkan pun variatif, mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun masa kredit. Pastinya semakin lama jangka kredit yang diambil maka akan semakin besar bunga yang bakal diterima. Urusan ini pasti harus dilaksanakan dengan cara memenuhi sekian banyak persyaratan yang diputuskan oleh bank atau leasing

Sebagai seorang calon kreditur, kalian tentunya tingak ingin mengalami banyak masalah dan kerugian atas pengusulan kredit yang bakal dilakukan, jadi perlu ada pertimbangan dengan sesama sebelum melakukan pembelian dengan kredit mobil bekas dengan kondisi finansial Anda saat ini. Adapun beberapa hal di bawah ini harus dipikirkan sebelum melakukan kredit mobil.

  1. Besaran DP

Karena ketentuan dari Bank Indonesia (BI) maka uang muka yang mesti dibayarkan untuk pengusulan kredit ialah 25%-30% dari keseluruhan harga barang, maka andai Anda melakukan kredit mobil bekas dengan harga 200 juta, maka harus membayarkan uang muka sebesar 50-60 juta. Jika Anda mempunyai dana terbatas, maka Anda harus menyimpan uang terlebih dahulu atau memilih pilihan mobil di bawah 150 juta guna mendapatkan harga DP yang kecil juga.

  1. Tipe mobil

Carilah tipe mobil yang sesuai dengan keperluan keluarga, andai Anda masih single dan tidak memerlukan mobil yang mempunyai kapasitas besar untuk membawa orang dan barang yang banyak, maka mobil hatchbang ialah pilihan yang tepat. Andai Anda mempunyai keluarga maka pemilihan tipe mobil yang tepat ialah MPV dan SUV. Pemilihan tipe ini sangat penting dipikirkan sebelum Anda melakukan kredit mobil bekas.

  1. Total biaya dealer dan leasing

Hampir rata-rata leasing akan memungut bunga sebanyak 20% dari harga jual mobil, maka Anda perlu memperhitungkan total ongkos DP dan cicilan yang bakal dibayarkan dan mencocokkan harga dari masing-masing leasing yang berbeda. Carilah leasing yang menyerahkan total ongkos paling rendah dan pastinya leasing yang Anda pilih harus terpercaya.

  1. Asuransi

Akan sulit memilih asuransi jika Anda hendak memiliki mobil bekas. Terlebih jika mobil yang Anda inginkan adalah mobil lama yang memiliki polis asuransi kadaluarsa.

  1. Harga jual mobil

Sebelum memulai kredit mobil bekas ada baiknya Anda mengecek harga jual mobil jika nantinya Anda akan menjual mobil tersebut. jika begitu, Anda perlu memilih mobil dengan pabrikan Jepang sebab harga jual mobil bakal tinggi ketika Anda merasa bosan dan hendak menjualnya. Mirisnya banya pabrikan Jepang mengurangi fitur yang terdapat di mobil hingga harga mobil tidak seimbang dengan fitur yang diberikan. Namun beberapa pabrik mobil mampu menyerahkan fitur yang lebih untuk untuk berlomba dengan kompetitornya walaupun harga jualnya dikategorikan rendah.