Tugas Influencer dan Manfaatnya


Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh atau dapat mempengaruhi masyarakat. Umumnya, influencer menggunakan media sosial untuk mempengaruhi orang-orang yang mengikutinya. Melalui konten dan aktivitasnya di media sosial, followers bisa mengetahui keseharian dan gaya hidup seorang influencer.

Meskipun ada anggapan bahwa memiliki banyak pengikut bisa menjadi influencer, itu tidak sepenuhnya benar. Karena selama seseorang bisa mempengaruhi atau menjadi trend setter di masyarakat, maka dia bisa dikategorikan sebagai influencer. Padahal dia hanya memiliki ribuan pengikut di media sosial.

Tugas Influencer yang Perlu Anda Ketahui

Sekarang setelah Anda memahami apa itu influencer, sekarang saatnya untuk berbicara sedikit tentang tugas influencer yang juga perlu Anda ketahui, seperti:

Memproduksi Konten Promosi

Selain konten originalnya, influencer yang terlibat dalam sebuah kolaborasi juga bertugas untuk membuat konten promosi. Anda dapat membantu mempermudah pekerjaan mereka dengan memberikan pengarahan atau pedoman yang jelas. Secara singkat Anda dapat membuat daftar apa yang Anda inginkan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh influencer.

Mengelola Penerbitan Konten

Setelah memproduksi konten, mereka juga perlu memperhatikan kapan konten yang telah dibuat akan dipublikasikan. Karena setiap selebgram atau selebriti media sosial memiliki jadwal posting yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda dapat meminta mereka untuk mempublikasikan di prime time.

Pertahankan Keterlibatan dengan Pengikut

Keterlibatan dan pengikut sangat penting bagi seorang influencer di media sosial. Itu sebabnya mereka harus merawatnya dengan baik. Kedua hal ini juga akan berpengaruh pada campaign yang Anda jalankan. Semakin baik keterlibatan, semakin yakin bahwa influencer akan membawa hasil yang baik untuk kampanye Anda.

Memastikan Promosi Berjalan Dengan Baik

Hal lain yang tak kalah penting dalam tugas seorang influencer adalah memastikan promosi dilakukan dengan baik. Karena itu akan menentukan keberhasilan kerjasama. Oleh karena itu Anda juga perlu menyampaikan apa yang ingin Anda capai dalam kerjasama tersebut.

Manfaat Influencer untuk Bisnis

Membangun Kesadaran Merek

Sebuah brand yang baru saja diperkenalkan tentunya belum begitu dikenal oleh masyarakat. Jadi dengan bantuan influencer, brand bisa membangun brand awareness. Sehingga nantinya Anda bisa lebih dikenal dan memiliki banyak pengikut di media sosial.

Membuat Produk Mudah Dikenali

Influencer sering bermitra untuk memperkenalkan suatu produk. Terlepas dari kekuatan merek yang menaungi, produk yang baru dirilis tentunya membutuhkan berita atau promosi khusus agar lebih mudah dikenali. Dengan bantuan influencer, ini akan lebih mudah untuk dicapai.

Membangun Kepercayaan Calon Pelanggan

Selain brand awareness, kita juga perlu membangun kepercayaan di masyarakat. Pada tahap inilah peran influencer juga sangat dibutuhkan. Dengan kemampuan mereka untuk mempengaruhi pengikut mereka, itu akan berdampak positif pada bisnis kami. Orang akan cepat mempercayai produk atau jasa yang kita tawarkan.

Tentunya kepercayaan ini juga harus diimbangi dengan kualitas produk dan layanan terbaik. Jika hal ini terpenuhi, bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan setia atau pelanggan setia.

Demikian pembahasan mengenai manfaat dan tugas Influencer, semoga bermanfaat.

 

Kini anda bisa menggunakan micro influencer indonesia untuk keperluan promosi bisnis skala kecil dengan menggunakan platform influencer terbaik di indonesia yaitu INFINA.

Cek websitenya sekarang di infina.id